KOMPONEN-KOMPONEN YANG TERDAPAT DALAM KOMPUTER

Merupakan perangkat keras komputer yang memiliki peranan utama dan paling vital. Dimana di dalam cara kerjanya, motherboard mengembangkan tugas untuk mengatur hal-hal teknik seputar BIOS (Basic Input Output System), Chipset (Pengatur input-output), RAM (Memori penyimpanan data sementara), VGA Card (Memori Penyimpanan Data Grafik), Proseor dan Additional Card (PCI, ISA). 

Fungsi utama motherboard adalah sebagai pusat penghubung antara satu perangkat keras dengan perangkat keras yang lain. Motherboard mengembangkan tugas untuk menghubungkan bahasa kode antara perangkat keras untuk menjadikan sebuah aktiviti kerja perangkat komputer. Sebagai contoh, motherboard berfungsi menghubungkan beberapa perangkat keras seperti prosesor, RAM, Hard Disk, Printer, Power Supply dan lain-lain.

2. KEYBOARD

Merupakan perangkat yang berisikan tombol-tombol mesin ketik yang digunakan untuk memasukkan karakter pada program komputer. Fungsinya untuk menjalankan berbagai instruksi atau perintah ke dalam komputer. 

3. RAM 

Merupakan memori tempat penyimpanan sementara pada set komputer dijalankan dan dapat diakses secara random. Fungsinya mempercepatkan pemprosesan data pada komputer. Semakin besar RAM yang dimiliki, semakin cepat komputer berfungsi.

4. PROSESOR

Prosesor adalah sebuahh IC yang mengawal keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer.

Fungsi prosesor dalam sebuah komputer adalah sangat oenting kerana komponen kecil ini menentukan kecepatan performa dari sebuah komputer.

Prosesor juga diibaratkan sebagai sebuah otak dari komputer kerana setiap data yang akan diproses akan selalu melawati prosesor untuk diolah dan menghasilkan data-data yang diinginkan dari user.

 5. VGA

VGA adalah standard tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standard VGA sudah tidak lagi digunakan kerana sudah diganti oleh standard yang lebih baru. VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standard grafik terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafik komputer.

Fungsi VGA adalah untuk mengubah signal digital pada komputer menjadi tampilan grafik dilayar monitor. Sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480.

6. MONITOR

Merupakan suatu alat yang digunakan sebagai output data tampilan grafik pada komputer tersebut. Maka dari itu monitor juga sering disebut sebagai layar tampilan komputer.

Fungsinya sebagai output dari memori komputer atau central proccesing unit berupa bine. Fungsi lainnya dari monitor adalag menampilkan data-data berupa grafik tampilan dari prosesor untuk ditampilkan agar pengguna boleh melihat apa yang sedang dioperasikannya.

7. POWER SUPPLY

Memiliki fungsi yang digunakan untuk mengubah tengangan listrik yang berasal dari AC (Alternating Current) menjadi tegangan DC (Direct Current). Hal ini kerana, seluruh hardware komputer hanya boleh beroperasi dengan arus DC. Besarnya suatu listrik yang dapat ditangani oleh power supply dapat ditentukan oleh dayanya serta dihitung dalam satuan watt.

8. HDD 

Hard Disk adalah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis.

9. KARTU JARINGAN (NETWORK INTERFACE CARD)

Disingkatkan pada NIC atau juga network card adalah sebuah kad yang berfungi sebagai jambatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer.

10. SOUND CARD

Berfungsi untuk mengolah data berupa audio atau suara. Sebagai penghubung output audio ke speaker. Sebagai penghubung input suara ke komputer melalui mikrofon dan digunakan untuk mengeluarkan suara dan merakam suara.